laptopku, akhirnya …

senin pagi, 28 Juli 2008, setelah menyelesaikan (sebenarnya belum selesai, … hiks…) desain poster di CorelDRAW pada hari minggu malamnya sampai jam 01.30 dini hari, pagi itu aku mencoba untuk menyiapkan perangkat yang akan kugunakan untuk berdiskusi dengan teman-teman satu kelompok. Maksud hati pagi itu aku ingin menginstall CorelDRAW 11.0 ke laptopku. Sebelumnya aku telah memasang beberapa program (yang menurutku cukup berat di pasang di laptopku) dan beberapa yang tidak aku perlukan telah aku lepas.

apa mau dikata, ternyata program CorelDraw-ku itu tidak lagi bisa terbaca dengan jelas di laptopku (apa karena sudah 2 tahun masa pemakaian ya??), atau karena installerku yang emang sudah tidak lagi bisa terbaca oleh DVD drivekuw?? kucoba dengan cara lain, yaitu menggunakan eksternal DVD drive dan eksternal HDD-ku, tetap saja laptop ku jadi lambat sekali jalannya. Lama-lama, karena laptopku jadi rewel dan tambah rewel, kuputuskan untuk membenahinya sejenak, dengan jalan format dan install ulang. Data-data yang kuperlukan langsung kubuat backupnya. Setelah semuanya sudah siap, jalanlah format dan kemudian kupasang windows XP installernya. Di tengah jalan, aku baru ingat bahwa driver yang kuperlukan untuk kelengkapan installku ada di kantor, satu paket dengan DVD recovery-nya. Walaaaahhhhh……..

kucoba dan kucoba untuk mengatasi hal tersebut. Singkat kata, akhirnya daku gagal dan gagal untuk mengembalikan sistem WinXP-ku. Sudah kucoba dengan berbagai cara, ternyata tidak bisa. Di sela-sela itu aku ingat kalau aku pernah simpan CD Ubuntu 7.10. Setelah kupastikan bahwa instalasi dari CD yang terakhir kalinya gagal lagi, maka mau tidak mau aku harus pasang dengan sistem operasi Linux dan kebetulan yang ada adalah Ubuntu 7.10. Tak terasa, jam di dinding sudah menunjukkan pukul 11.00 siang. Walaaaaahhhh….. aku jadi mbolos kuliah lagi…..!!!!!! Setelah kupikir-pikir, tidak ada gunanya juga aku ke kampus, peralatan juga belum beres, daripada nanti di kampus malah kepikiran laptopkuw yang tidak jadi beres dan akhirnya malah jadi resah, kuputuskan hari itu tidak jadi berangkat ke kampus.

Hiks…. harus nyari resources lagi untuk mengembalikan sistemku ke sistem yang sebelumnya.

Leave a Reply

