my son birthday …

september tanggal 5, setahun yang lalu, merupakan saat-saat dimana aku menanti-nantikan hadirnya buah hatiku yang pertama kali. Teringat waktu itu, saat istri sedang berada di kampung halamannya, karena dia ingin melahirkan dengan ditunggu oleh ayah+ibu serta keluarga dekatnya di sana, sedangkan waktu itu aku baru memasuki hari ke-3 studiku S2 di UGM. Pagi-pagi setelah shubuh, istri sudah berada di tempat ibu bidan dan menunggu waktu-waktu kelahiran putra pertama kami. Kontraksi yang sudah sering dan gelisahnya istriku, serta aku yang tidak dapat menungguinya sebab waktu itu aku tidak mungkin dapat untuk bolos dari jam kuliahku. Aku sudah menelpon istri bahwa mungkin aku tidak akan dapat menunggui kelahiran putra pertama kami, dan istri mengatakan tidak apa-apa, dia bisa mengerti. Ternyata seharian itu, jam pelajaran kosong semua, sontak saja aku langsung cabut pulang ke rumah dan motor kukebut menuju kota Purbalingga yang berjarak 3 jam perjalanan darat dengan motor. Singkat kata, aku terlambat sekitar 1/2 jam, putra kami sudah lahir terlebih dahulu …

kini 1 tahun berselang, putra kami sudah sedemikian lincahnya dan mulai senang berceloteh tentang apa-apa yang dilihatnya meski dengan bahasanya sendiri yang belum dapat aku pahami apa maksudnya. waktu-waktu ini, dia sedang memantapkan kedua kakinya agar bisa berjalan. Satu langkah demi satu langkah dia jajaki lantai rumah, walaupun masih dengan kaki yang belum terlalu kuat dan biasanya dia akan kembali kepada kebiasaannya: merangkak.

Selamat ulang tahun putra pertamaku: Helmi Akbar Alauddin, semoga Allah ta’ala berkenan untuk menjadikan dirimu sebagai anak yang sholeh, berbakti kepada abi dan ummi-mu, menjadi manusia yang berguna bagi agama, nusa dan bangsamu. Do’aku ya Allah… semoga engkau berkenan untuk memberikan kepada putra kami kecerdasan nurani dan hati, semoga engkau tunjukkan kepadanya jalan yang benar2 engkau ridhai, semoga engkau jadikan dia sebagai manusia yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, semoga kehadirannya membawa kebahagiaan dan keceriaan bagi lingkungannya, jangan jadikan dia sebagai manusia yang tidak bermanfaat bagi lingkungannya. Amin.

Leave a Reply

