Mengelola konten blog dengan Windows Live Writer

baru-baru ini aku memasang Windows 7 Ultimate pada PCku di rumah (untuk versinya tidak perlu ditegaskan lagi… he..he..he..) dan segalanya berjalan dengan lancar sampai pada proses memasang beberapa program untuk mendukung keperluanku bekerja. waktu itu ada beberapa hal yang perlu aku pelajari terlebih dahulu, sebab selama ini aku terbiasa menggunakan produk Windows XP SP2 yang sudah sangat membantu sekali dalam keseharianku bekerja. Namun pun demikian, ada hal-hal yang membuat aku jadi sedikit kesulitan untuk mengelola beberapa hal, salah satunya adalah software antivirus.

selama ini aku hanya terbiasa menggunakan 2 produk dari perusahaan antivirus terkemuka: (1) Norton, atau (2) McAfee, jarang sekali (bahkan boleh dikatakan hampir tidak pernah) menggunakan produk lain selain salah satu dari kedua produk antivirus terkemuka itu (maaf, bukan promosi, namun lebih kepada tingkat kepercayaan). namun beberapa waktu yang lalu aku mesti berpikir untuk mencari jenis antivirus yang cocok digunakan pada PCku di rumah. Hingga saat aku mencari antivirus tersebut, sebuah halaman web yang menyediakan berbagai jenis perangkat dan informasi yang digunakan untuk kelengkapan dalam bekerja menggunakan komputer baik secara offline maupun online.

pada salah satu panel yang ada pada halaman web tersebut memberikan sebuah ulasan tentang berbagai jenis program yang dapat digunakan untuk mengelola konten blog dengan lebih baik. lebih baik dalam hal penuangan ide dan pengaturannya yang dapat dilakukan secara offline. ada beberapa jenis program yang dapat digunakan untuk hal tersebut, salah satunya adalah produk dari Microsoft yang dinamakan dengan Windows Live Writer.

WLW01 di sini aku tidak akan membahas dengan mendalam tentang salah satu produk Microsoft tersebut. Aku hanya akan menuliskan apa-apa yang sudah aku “rasakan” saat aku menggunakan program ini. Program ini gratis dan dapat diunduh secara langsung dari situs live.com, ataupun melalui beberapa situs lain yang menyediakan fasilitas offline installer. Tadinya aku tidak begitu bersemangat untuk menggunakan program-program semacam ini, namun aku berpikir tidak ada salahnya untuk mencoba, dan kebetulan memang aku sedang ada bahan yang ingin kutuangkan dalam blog-ku. Alhasil, ternyata pemakaiannya sangatlah mudah!! mulai dari proses instalasi hingga pengaturan akun-akun blog yang kumiliki, ternyata sangat mudah. Kemudahan tersebut kembali kurasakan saat aku menuliskan artikel untuk pertama kalinya dengan WLW, dan sebelum aku memposting-nya, aku dapat melilhat layar pra-tinjau (preview) tentang blog yang akan aku posting. Hal ini dapat aku lakukan meskipun aku tidak terhubung dengan jaringan internet.

windowslivewriter2008

aku sekarang dapat menulis dan mengisi blog-ku tanpa aku harus terkoneksi terlebih dahulu dengan jaringan internet. Kalau melihat settingan yang digunakan pada WLW ini, kita hanya akan dihadapkan pada halaman content blog, sedangkan seluruh settingannya tetap pada settingan blog yang sudah kita buat terlebih dahulu. Content dapat kita upload setelah kita terhubung dengan jaringan internet.

Silakan mencoba…!!!

Mengelola konten blog dengan Windows Live Writer - Windows Live Writer 23062010 221942

About Windows Live Writer 23062010 215208

Leave a Reply

